Thursday 19 January 2017

Inilah Sejarah Pasar Senen, Pasar Tertua di Jakarta yang Kerap dilanda Kebakaran

Api lagi-lagi membakar Pasar Senen. Sejak pukul 04.30 WIB, armada pedamam kebakaran terus bertambah untuk menjinakkan api yang menghanguskan paling sedikit 112 kios pedagang di Blok I dan II Pasar Senen, Jakarta Pusat.


Berdasarkan data yang dihimpun, sejak tahun 2014, kebakaran terjadi paling tidak sekali setiap tahunnya hingga 2017. Kebakaran yang kerap terjadi dirasakan langsung oleh pedagang yang sudah mengadu nasib puluhan tahun di pasar tertua di Jakarta itu.

Pasar Senen dalam sejarahnya dibangun pada 30 Agustus 1735 oleh seorang arsitek yang juga tuan tanah bernama Yustinus Vinck menggunakan lahan Corrnelis Chastelein.

Awalnya pasar itu beroperasi hanya setiap Senin dan dulu namanya Pasar Snees. Namun kemudian buka juga pada hari lainnya dan belakangan lebih dikenal dengan sebutan Pasar Senen.


Sejarah mencatat banyak tentang Pasar Senen mulai dijadikan sebagai tempat berkumpulnya para intelektual muda serta pejuang bawah tanah dari Stovia, tempat berkumpul Soekarno-Hatta hingga tempat favorit berkumpunya seniman era Pujangga Baru di zaman Penjajahan Jepang.

Namun kini lokasi kongkow para tokoh itu sudah dilalap api. Api berkobar sejak subuh tadi, dan hingga sekarang petugas masih berusaha memadamkannya.

Insiden hari ini bukan yang pertama. Pada 26 April 2014 kobaran api melalap tempat itu selama sekira 20 jam. Sementara insiden hari ini sudah berlangsung lebih dari delapan jam.

sumber: Okezone.com

Related Posts

Inilah Sejarah Pasar Senen, Pasar Tertua di Jakarta yang Kerap dilanda Kebakaran
4/ 5
Oleh